Selasa, 28 Agustus 2012

UltraISO 9.5.3.2901 Portable plus Tutorial RGhost

Kalau tadi BismarckVanRiser telah Posting tentang Install Windows 7, Vista dan XP melalui USB FlashDisk, sekarang BVR akan share lagi tentang Software untuk membuat File ISO baik untuk disimpan di HardDisk atau untuk nge-Burn ke CD/DVD-R/RW. Software ini termasuk kecil-kecil cabe rawit, lengkap pula karena bisa membuat Virtual Drive jadi fungsinya bisa seperti Daemon Tools atau Alcohol 120%.

UltraISO Premium 9.5.3.2901 Portable PAF (2.51 MB):

*=+Tutorial Plus+=*

Pada ScreenShot di atas ada 4 bagian, kita sebut saja Kiri Atas, Kanan Atas, Kiri Bawah dan Kanan Bawah. Untuk membuat file ISO caranya mudah, Anda tinggal Drag files dari HardDisk (Windows Explorer) ke UltraISO bagian Kanan Atas karena emang dari keempat bagian UltraISO yang bisa di taruh Drag-an cuma Kanan Atas (ada tanda Plus), kalau 3 bagian lainnya tidak bisa ditaruh Drag-an. Sebelum disimpan jangan lupa untuk mengganti nama pada Gambar Kiri Atas (pada ScreenShot, nama telah diubah menjadi BootMenu, caranya Klik Kanan Mouse lalu pilih Rename). Anda tinggal Simpan file ISO Anda dengan cara ke Menu "File"=>"Save as".

Untuk menbuat File ISO dari CD/DVD Rom, Anda tinggal ke Menu "Tools"=>"Make CD/DVD Image". Anda bisa menamakan "Output FileName" Anda dan menaruhnya dimanapun (Klik tombol "..."). Anda juga bisa memilih 10 Output Format dengan UltraISO tapi yang biasanya Umum dan sudah menjadi Standard adalah Format ISO. Setelah itu, Anda klik tombol "Make".

Untuk membuat Bootable CD, pada posting Tutorial Install Windows XP From USB, saya telah mencantumkan file "Bootable_NoEmulation.img" pada file WINNT32 for XP, silahkan Anda Download dulu disini. Setelah download, Extract-lah lalu Anda Buka UltraISO, klik Menu "Bootable"=>"Load Boot File"=>cari File bernama "Bootable_NoEmulation.img" tersebut. Perhatikan Tulisan di sebelah Kanan Image: yang Tadinya "Data CD/DVD" telah berubah menjadi "Bootable CD/DVD". Bukan hanya CD/DVD saja yang Bootable tetapi bila Anda ingin menyimpannya dalam file format ISO ("Menu File"=>"Save as") maka File ISO tersebut juga Bootble.

Untuk Mount file ISO ke Virtual Drive, UltraISO sudah bisa melakukannya tanpa perlu download tambahan. Yang perlu Anda perhatikan sebelum Mount adalah mengecek Virtual Drive UltraISO Anda telah terpasang atau belum, caranya dengan klik Menu "Options"=>"Configuration"=>pilih Tab "Virtual Drive"=>pada kolom "Number of devices" ganti "None" menjadi "1"=>klik "OK".

Setelah Anda melakukan konfigurasi di atas, sekarang Anda klik Menu "Tools"=>"Mount to Virtual Drive"=>pada kolom "Image File" klik tombol "..." untuk mencari File ISO yang ingin Anda Mount=>klik "Mount". Jangan Anda Close UltraISO-nya, biarkan saja dan Anda bisa cek Virtual Drive akan Terisi file-file yang ada di dalam file ISO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar