Rabu, 21 Desember 2011

Linux Mint 12 Offline Installer 100% Working from VirtualBox

Linux Mint merupakan OS Linux yang sebenarnya masih Saudara dari Linux Ubuntu dan merupakan Anak dari Linux Debian. Dimulai pada tahun 2006, Linux Mint sekarang telah menjadi sistem operasi ke-4 paling banyak digunakan Home User setelah Microsoft Windows, Apple Mac OS dan Canonical Ubuntu.
Beberapa alasan tentang keberhasilan Linux Mint:
=> It works out of the box, with full multimedia support and is extremely easy to use.
=> It's both free of cost and open source.
=> It's community-driven. Users are encouraged to send feedback to the project so that their ideas can be used to improve Linux Mint.
=> Based on Debian and Ubuntu, it provides about 30,000 packages and one of the best software managers.
=> It's safe and reliable. Thanks to a conservative approach to software updates, a unique Update Manager and the robustness of its Linux architecture, Linux Mint requires very little maintenance (no regressions, no antivirus, no anti-spyware...etc).
Bismarck VanRiser telah mendownload Linux Mint 12 Platform 32Bit versi Lengkap-nya sebesar 1 GB dan telah menginstallnya melalui VirtualBox v4.1.8 Portable Tanpa koneksi Internet (Offline Installer) meskipun Linux Mint menyarankan untuk install dengan Internet Connection. Alasan mengapa BismarckVanRiser tidak mendengarkan saran Linux Mint karena apabila nanti kita ingin benar-benar ingin menggunakan Linux Mint sebagai OS Utama kita baik melalui DVD ROM atau USB FlashDisk (Tentu installnya tanpa Koneksi Internet, bukan?) maka kita tidak ragu lagi karena seperti kita tahu Bila berhasil di VirtualBox maka 99% pasti Working install dari DVD ROM.
Hanya saja yang Perlu Anda ketahui bila melakukan Install Linux Mint secara Offline maka pada saat Pemilihan Bahasa gunakan Bahasa Inggris (Default), jangan memilih Bahasa yang lain meskipun Bahasa Indonesia (Lihat ScreenShot di atas) ada di Language List dari Linux Mint. Alasannya karena File ISO installer yang Anda download 1 GB itu hanya tercantum Bahasa Inggris saja, bila Anda ingin mengubah bahasa yang lain maka Anda harus download Language Pack Update terlebih dahulu yang Automatis memerlukan Koneksi Internet.

System Requirements:
x86 processor (Linux Mint 64-bit requires a 64-bit processor. Linux Mint 32-bit works on both 32-bit and 64-bit processors).
512 MB RAM (1 GB recommended for a comfortable usage).
5 GB of disk space
Graphics card capable of 800×600 resolution
CD/DVD drive or USB port

System Requirements for Using in VirtualBox*:
2 GB RAM for Windows XP SP3 or 3 GB RAM for Windows 7/Vista
20 GB of disk space

NOTES: *System Requirement di atas adalah Pengalaman Bismarck VanRiser install Linux Mint 12 dari VirtualBox. RAM 2 GB yang dimiliki Laptop BVR untuk Windows XP SP3 (BismarckVanRiser menggunakan Windows XP3BVR) saja, VirtualBox (Click Menu "Machine"=>"Settings") sudah memberikan Peringatan seperti ini: "On the System page, you have assigned more than 50% of your computer's memory (1.92 GB) to the virtual machine. There might not be enough memory left for your host operating system. Continue at your own risk." karena sesuai dengan System Requirement yang diminta Linux Mint 12 agar bekerja Optimal disarankan menggunakan 1 GB RAM.

Link Download Linux Mint 12:
Linux Mint 12 "Lisa" - CD no codecs 32-bit (620 MB)=> http://adf.ly/4Kkwp
Linux Mint 12 "Lisa" - CD no codecs 64-bit (634 MB)=> http://adf.ly/4Kl3z
Linux Mint 12 "Lisa" - DVD 32-bit (1 GB)=> http://adf.ly/4Kl8S
Linux Mint 12 "Lisa" - DVD 64-bit (1 GB)=> http://adf.ly/4KlA2

NOTES: BismarckVanRiser menyarankan Download Versi DVD (32/64 Bit) saja karena sudah termasuk codecs yang diperlukan untuk menjalankan Linux Mint 12 bila Anda ingin melakukan Install secara Offline. BVR telah mengetes download dari beberapa Link berbagai macam negara. Karena Server Base Linux Mint yang Utama ada di negara Amerika Serikat dan Jepang, maka BVR menyarankan untuk Download Maksimal dari Link kedua negara tersebut saja dan usahakan gunakan Download yang berbasis FTP karena FTP lebih cepat dan stabil daripada HTTP. Link Download dapat di-resume dengan IDM.

Bagi yang belum memiliki VirtualBox Portable bisa download dan lihat Tutorial-nya disini.

Specification of VirtualBox for Install Linux Mint 12:
OS Type: Linux and Ubuntu (for 32Bit) or Ubuntu 64 Bit (for 64Bit)
Memory: 1024 MB (Min 512 MB Not Less)
Virtual Disk File Type: VDI (VirtualBox Disk Image) or VHD (Virtual Hard Disk)
Virtual Disk Storage: Dynamically allocated
Virtual Disk File Location: Free (wherever you want)
Virtual Disk Size: 10 GB (Min 8 GB Not Less)

Video Tutorial Install Linux Mint 12 in VirtualBox:

Website Tutorial Install Linux Mint 12:

 NOTES: Ketika Anda diminta mengisikan UserName dan Password harus diisi dan tidak boleh dikosongkan seperti ScreenShot di bawah ini:
Demikian Tutorial Install Offline Linux Mint 12. Bila ada Kekurangan, Silahkan beri Komentar Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar