Senin, 18 Maret 2013

Oracle VirtualBox 4.2.10.84104 Portable Plus Tips and Tricks Mediafire

Sebenarnya dari kemarin ingin share tentang software yang satu ini. Memang agak ribet jelasin tentang Software ini karena Software ini beda daripada yang lain. Dengan Software ini, kita bisa membuat Operating System baru (Guest OS) pada OS Utama kita (Host OS) jadi istilahnya Windows di dalam Windows, keren kan? Selain Windows, support juga untuk Linux, Mac OS X, AndroID, dsb.
Yang ingin Bismarck VanRiser Share kali ini adalah versi Portable (Thanks to Baltagy) yang mana Anda Tak Perlu install lagi. Tapi Anda tidak boleh menaruh Extract-an VirtualBox Anda pada Sembarang Folder karena VirtualBox tidak akan bisa meng-install Guest OS Anda.

Link download v4.2.10.84104 x86-x64 Portable PAF (68.43 MB):
Tutorial Plus made by BVR:
Ok setelah Anda Download ikutilah Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Extract file ZIP yang sudah Anda Download
2. Expand (Telusuri) Folder tersebut sampai Anda ketemu 5 items (3 Folder: app32, data, source dan 2 File Portable-VirtualBox.EXE dan Website Link Baltagy yang boleh Anda Hapus) sehingga yang penting itu 4 items (app32, data, source dan Portable-VirtualBox.EXE)
3. Folder yang ada keempat items tersebut, Anda Rename (ganti nama) menjadi VirtualBox
4. Copy Folder VirtualBox ke Folder C:\Program Files menjadi C:\Program Files\VirtualBox
5. Open (buka) File Portable-VirtualBox.EXE dan tunggu sejenak samapai keluar Tulisan Error: Please start VirtualBox again, so that all paths can be adapted!
6. Tidak apa-apa, itu normal Anda klik OK saja maka terbuka program VirtualBox-nya.
7. Close (Tutup) VirtualBox Anda dengan klik tanda x di pojok kanan atas.
8. Buka lagi File Portable-VirtualBox.EXE, kali ini tidak ada Tulisan Error lagi.
9. Oracle VM VirtualBox Manager (Portable) Anda sudah aktif dan Working dengan normal.

Untuk Penggunaan Oracle VirtualBox, Anda bisa ikuti Prosedurnya sebagai berikut:
1. Klik Gambar Matahari yang tulisannya: New
2. Klik Next, pada Kolom Name: Anda beri nama nama Guest OS Anda misalnya XP3, Win7, Linux,dsb. Kolom OS Type: Anda Pilih sesuai dengan Jenis/Tipe Guest OS Anda misalnya kalau Anda Install XP3 maka Anda pilih Microsoft Windows dan Windows XP lalu klik Next
3. Untuk Kolom Memory, Anda bisa geser atau Memasukkan Angka secara Manual pada kolom sebelah Kiri MB. Karena tadi kita contohnya install Win XP3 maka 256 MB saya rasa cukup untuk XP3. Klik Next
4. Virtual Hard Disk, pilih Option 1Create new hard disk lalu klik tombol Next
5. Untuk membuat Virtual Disk, pilih Option 3VHD (Virtual Hard Disk) lalu klik tombol Next
6. Virtual disk storage details, pilih Option 1Dynamically allocated lalu klik tombol Next
7. Virtual disk file location and size, Location itu letak Virtual Hard Disk (VHD) Anda berada C:\Program Files\VirtualBox\data\.VirtualBox\Machines (Anda dapat mengubah Location VHD di Folder Manapun, Misalnya di D:\ atau E:\). Anda perlu menamakan file VHD Anda misalnya XP3. Pada kolom Size adalah Ukuran File VHD Anda. Untuk Windows XP3 saya rasa 5.00 GB cukup. Perhatikan, kalau Anda Geser Kursornya untuk cari 5.00 GB pasti Tidak Pas jatuhnya di 4.91 atau 5.11 GB. Untuk Pas 5.00 GB, Anda harus menuliskan Angka secara Manual pada kolom sebelah Kanan menjadi 5.00 GB maka secara Automatis Kursor akan bergerak mengikuti angka 5.00 GB. Setelah itu, Anda tekan tombol Next
8. Summary, klik tombol Create maka akan kembali ke Oracle VM VirtualBox Manager tapi bedanya kali ini tombol Gear tulisan Setting dan tanda Panah ke Kanan tulisan Start sudah timbul yang bisa di-klik.
9. Tekan Tombol Start (Panah ke Kanan) ada tulisan VirtualBox - Information klik OK
10. First Run Wizard, klik Next
11. Select Installation Media, masukkan CD/DVD Install OS Anda dalam Format DMG, ISO, CDR (OS Windows 7 dan XP3 yang saya share di awal-awal saya nge-blog semuanya berformat ISO, silahkan Anda Download). Setelah itu klik Next
12. Summary klik Start maka Anda akan masuk pada Proses Instalasi OS baru.

Demikianlah Step-by-Step tentang Cara Penggunaan VirtualBox Portable. Awal-awal memank agak sulit, yang penting Anda ikuti Setiap Langkah di atas maka lama-kelamaan Anda Pasti Lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar